Home » » KEMENANGAN JOKOWI-JK DI LUAR NEGERI, REFLEXY DI INDONESIA

KEMENANGAN JOKOWI-JK DI LUAR NEGERI, REFLEXY DI INDONESIA

Terbit Oleh KABARPAGI on Rabu, 09 Juli 2014 | Rabu, Juli 09, 2014

Di Singapura, dari warga negara Indonesia yang menggunakan hak pilih, sebanyak 83,17% memilih Jokowi-JK dan 16,83% memilih Prabowo-Hatta.

Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) unggul dalam exit pollpada Pemilihan Presiden (pilpres) Indonesia di enam negara.

Exit poll luar negeri yang dirilis 2minggujadi.com tersebut dilakukan di Singapura, Thailand, Mesir, Hong Kong, Korea dan Amerika Serikat. Hasilnya Jokowi-JK meraih suara antara 57% hingga 91,89%.

Di Thailand yang memilih Jokowi-JK sebanyak 79,43% dan Prabowo-Hatta 20,57%. Sedangkan di Mesir, WNI yang memilih Jokowi-JK sebanyak 57,02% dan yanhg memilih Prabowo-Hatta sebanyak 42,98%.

Presentase pemilih Jokowi-JK di luar negeri terbesar berada di Amerika Serikat yakni sebanyak 91,89%, sedangkan yang memilih Prabowo-Hatta sebanyak 8,11%.

Kemudian di Hong Kong pemilih Jokowi-JK sebanyak 80,91% dan Prabowo-Hatta sebanyak 19,09% dan di Korea pemilih Jokowi-JK sebanyak 69,55% dan Jokowi-JK sebanyak 30,45%.

Exit poll luar negeri dilakukan saat pilpres berlangsung di KBRI Singapura, KBRI Thailand, KBRI Kairo, Victoria Park (Hong Kong), Ansan Daegu (Korea Selatan) dan KJRI Houston (Amerika Serikat).

Peneliti muda Populis Institut, David Krisna Alka menjelaskan, hasil exit poll di enam negara bisa menjadi cerminan dari hasil di negara-negara lain. Bahkan juga menggambarkan posisi dalam negeri.

"Tidak terbantahkan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pilpres sekarang ini karena adanya Jokowi. Faktor Jokowi begitu besar dan berpengaruh kuat di masyarakat terutama lapisan bawah masyarakat," kata David, Selasa (8/7).

Dia berharap partisipasi masyarakat yang tinggi tersebut jangan dicederai dengan hal-hal teknis administratif. Misalnya, jangan sampai masyarakat tidak bisa menggunakan hak konstitusinya memilih hanya karena tidak dipanggil KPU atau karena kertas suara yang kurang.