Home » » KIAT SUKSES MENJALANKAN BISNIS WARALABA (FRANCHISE)

KIAT SUKSES MENJALANKAN BISNIS WARALABA (FRANCHISE)

Terbit Oleh KABARPAGI on Minggu, 01 Juni 2014 | Minggu, Juni 01, 2014

KIAT SUKSES MENJALANKAN BISNIS WARALABA (FRANCHISE)


KIAT SUKSES MENJALANKAN
BISNIS
WARALABA ( franchisee)


PERTAHANKAN DAN BISNIS WARALABA :

1. Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk investasi. Tak hanya uang investasi, Anda juga memerlukan dana cukup sebagai cadangan jika Anda harus mengalami rugi. Dana tersebut juga termasuk dana cadangan hidup Anda sendiri selama 12 bulan ke depan.

2. Taati dan patuhi seluruh sistem waralaba dari pewaralaba. Pewaralaba adalah orang yang mengerti dan berpengalaman di bisnisnya. Mereka lebih paham dan telah jatuh bangun hingga mencapai kesuksesannya sekarang.

3. Jangan abaikan keluarga dan teman-teman Anda. Walau Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk menjalankan bisnis tersebut, tapi tetap sisihkan waktu untuk keluarga dan teman-teman Anda.

4. Perlakukan pelanggan dengan layanan terbaik. Jangan lupa senyum dalam melayani mereka, dan beri tahu mereka bahwa Anda senang berbisnis dengan mereka.

5. Libatkan diri dalam komunitas lokal setempat. Ikuti dan sponsori kegiatan-kegiatan lokal di sekitar gerai Anda, seperti kegiatan sosial, perayaan, acara sekolah, dll.

6. Selalu berkomunikasi dengan pewaralaba dan terwaralaba lain. Jagalah hubungan baik dengan mereka, dan jika ada masalah jangan disimpan sendiri saja. Sebaliknya, seorang pewaralaba juga selayaknya bersikap terbuka terhadap perkembangan gerai Anda.

Ada baiknya jika Anda banyak bertanya dan menyampaikan keluhan atau kesenangan yang diperoleh dari menjalankan waralaba. Pewaralaba akan dengan senang hati menerima masukan dan membantu menyelesaikan masalah Anda.

7. Perhatikan detail gerai Anda. Masalah pembukuan harus cermat dan teliti, tidak boleh ada selisih uang walau hanya beberapa ratus rupiah.

Tegaskan hal ini pada karyawan Anda. Uang sekecil apapun harus tercatat dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Tekan biaya pengeluaran, dan maksimalkan pendapatan Anda.


KEMBANGKAN BISNIS WARALABA :

Pertama, analisa gerai yang sudah ada. Sebelum melakukan ekspansi dan memperbanyak jumlah gerai, pastikan Anda telah melakukan analisa internal untuk mengetahui seberapa besar kinerja gerai yang sudah ada.

Apabila terbukti sudah ada sekitar 70% gerai Anda yang berhasil mencapai target atau melebihi sasaran, maka bisa dikatakan bisnis franchise Anda tergolong sukses dan sudah sangat siap untuk dikembangkan lebih luas lagi.

Kedua, hindari persaingan internal. Yang dimaksudkan dengan persaingan internal adalah kompetisi antar gerai-gerai franchise yang Anda miliki.

Tak bisa kita pungkiri bila sekarang ini tidak hanya persaingan dari kompetitor luar saja yang diwaspadai para franchisee (mitra), namun mereka juga bersaing dengan pesaing internal (franchisee sejenis) yang membuka gerai di sekitar areanya.

Untuk itu, setiap melakukan penambahan gerai, usahakan untuk selalu menyasar target pasar baru, sehingga tidak terjadi pencaplokan pasar antar franchisee.

Ketiga, jaga keseimbangan antara support dan ekspansi. Sebagai seorang franchisor, tentunya Anda dituntut untuk selalu adil dan seimbang dalam menjalankan operasional manajemen.

Contohnya saja dengan menyeimbangkan antara support bagi gerai-gerai yang sudah ada, tanpa lupa menyiapkan strategi ekspansi untuk membuka gerai-gerai baru.

Meskipun begitu, sayangnya sampai hari ini masih banyak franchisor yang terlalu fokus memikirkan ekspansi gerai, sehingga para franchisee yang terdahulu tidak ditanggapi secara optimal dan kinerja gerainya mengalami penurunan hingga akhirnya gulung tikar.

Keempat, mempertahankan positioning produk. Selain memperkuat manajerial, penting bagi Anda untuk mempertahankan positioning produk franchise yang Anda tawarkan.

Setiap produk tentunya memiliki siklus hidup masing-masing, sehingga Anda harus mengetahui produk apa saja yang memiliki waktu hidup cukup lama dan produk mana saja yang siklus hidupnya telah habis.

Karena itu, evaluasi produk secara berkala agar produk yang Anda tawarkan diminati para konsumen.

 

Dinamika Consultan


www.topberita.tk