Home » » POSKO PDIP DIBANTUL, YOGYAKARTA DIRUSAK MASA

POSKO PDIP DIBANTUL, YOGYAKARTA DIRUSAK MASA

Terbit Oleh KABARPAGI on Selasa, 24 Juni 2014 | Selasa, Juni 24, 2014

Sekelompok massa melakukan pengrusakan posko PDIP dan rumah warga di Bantul, Selasa (24/7/2014). Pengrusakan dan bentrok tersebut terjadi setelah pendukung capres-cawapres Prabowo-Hatta Rajasa mengikuti acara kampanye terbuka di Lapangan Cepit Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

Akibat satu buah mobil rusak dan beberapa sepeda motor rusak. Warga yang menonton konvoi di pinggir jalan, ada yang mengalami kekerasan oleh sekelompok massa tersebut.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan detikcom di lapangan sedikitnya terjadi di empat tempat. Di Kota Yogyakarta sebuah posko PDIP di wilayah Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta pada Selasa siang dirusak sekelompok massa. Massa bersepeda motor itu hendak menghadiri acara kampanye terbuka pasangan nomer urut 1 dengan menghadirkan Rhoma Irama dan Grup dangdut Soneta di lapangan Cepit, namun saat melintas mereka melakukan pengrusakan dengan merusak gambar dan bendera partai yang ada di posko tersebut.

Kedua terjadi di Rejowinangun Kotagede Yogyakarta sekitar pukul 16.00 WIB. Sedikitnya lima buah sepeda motor milik pendukung Jokowi-JK dirusak. Dua orang warga mengalami luka-luka akibat dipukul kayu dan tiga kaca rumah warga juga pecah.

Ketiga terjadi di kawasan Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Bendera partai dirusak oleh peserta kampanye capres yang hendak menuju Bantul. Seorang warga yang berada di dekat lokasi pengrusakan juga terkena pukulan karena dikira pendukung pasangan lainnya.

Keempat terjadi di Dusun Kweni, Desa Panggungharjo, Sewon Bantul. Masa pendukung capres yang mengenakan kaos, seragam satgas warga hijau itu menyerang warga yang menonton di sepanjang Jalan Bantul Dusun Kweni. Mereka melempari rumah warga dengan batu sehingga ada beberapa kaca jendela dan genting rumah warga yang pecah.

Selain itu, dua buah mobil diantaranya mobil Suzuki Grandmax nopol AB 8064 LH yang diparkir di pinggir jalan, kaca depan pecah. Beberapa sepeda motor milik warga dan kios/warung milik warga juga ada yang rusak

Kejadian sekitar pukul 16.30 WIB. Massa yang datang langsung menyerang warga yang ada dipinggir jalan dengan kayu untuk bendera. Ada yang bawa senjata tajam juga," kata salah satu saksi Waskito warga Dusun Kweni, Panggungharjo Sewon, Bantul.

Dia mengaku terkejut ketika melihat warga yang menonton langsung di serang. Beberapa orang ada yang lari masuk ke dalam rumah ada gang kampung untuk menyelamatkan diri.

"Motor yang rusak karena dipukuli pakai kayu dan batu kemudian ditendang hingga jatuh. Jumlah orang yang menyarang banyak lebih kalau 50-an orang," katanya.

Rumah yang rusak diantaranya milik Boegiono (Bengkel Las Adi Haskar) dan rumah milik Sukimin di Jalan Bantul Kweni RT 2, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Sepeda motor rusak sebanyak 3 buah yakni sepeda motor Supra X 125 AB 2529 NF, Suzuki Smash AB 2183 NJ, Honda Supra Fit AD 6716 HC dan Mobil Pick Up AB 9273 GB

sumber:deticom