Home » » NAIK BUS TRANSJAKARTA GRATIS

NAIK BUS TRANSJAKARTA GRATIS

Terbit Oleh KABARPAGI on Minggu, 22 Juni 2014 | Minggu, Juni 22, 2014

Dalam rangka memperingati ulang tahun Kota Jakarta ke-487, pemerintah provinsi memberikan layanan cuma-cuma bagi pengguna moda transportasi massal Trans Jakarta. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Akbar mengatakan, tiket cuma-cuma bagi setiap pengguna TransJ sudah dilakukan pihaknya sejak kemarin. Langkah ini juga sebagai bentuk kampanye pemerintah mengenai peralihan penggunaan angkutan pribadi ke transportasi umum.

"Kami mengajak mereka tidak menggunakan kendaraan pribadi dan mengenalkan angkutan umum ke masyarakat bahwa angkutan umum itu nyaman," kata Akbar saat berbincang dengan detikcom, Minggu (22/6/2014).

Dengan langkah tersebut, tentunya pemerintah mengajak masyarakat untuk mengurangi kemacetan jalan raya yang semakin hari semakin padat.

Menurut Akbar, pihaknya tidak khawatir akan adanya penumpukan penumpang. "Sudah disiapkan petugas di setiap halte untuk mengantisipasi penumpukan penumpang," kata Akbar.

Selain itu, bagi warga yang ingin menikmati Jakarnaval yang dimulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB nanti, dapat mendatangi lokasi karnaval dengan menggunakan busway. 

"Kami imbau masyarakat yang ingin melihat Jakarnaval untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi," imbau Akba
Karnaval mengambil rute Silang Barat Daya Monas-Jalan MH Thamrin-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Jumlah penonton khusus untuk acara Jakarnaval diperkirakan tembus 200 ribu orang.

Selain itu untuk Trans Jakarta koridor I (Blok M–Kota) dan Koridor II (Pulogadung–Harmoni) akan dilakukan penyesuaian waktu operasional sebagai berikut:

- Koridor I: Pukul 15.00–23.00 WIB akan dilakukan perpendekan rute yaitu hanya melayani Kota-Harmoni serta rute Blok M-Setia Budi.

- Koridor II : Pukul 15.00-23.00 WIB rute Harmoni-Pulogadung: dari Halte Harmoni melayani rute Kota-Harmoni (berputar di simpang Harmoni) serta rute Blok M–Setiabudi (berputar setelah halte Setiabudi) melewati Halte Pecenongan–Halte Juanda–Halte Pasar Baru–Jl Pejambon–Halte Kwitang dst., menuju Pulo Gadung (tidak melintasi Halte Monas –Balai Kota).