Home » » WIRANTO BICARA SOAL KARIR PRABOWO

WIRANTO BICARA SOAL KARIR PRABOWO

Terbit Oleh KABARPAGI on Kamis, 19 Juni 2014 | Kamis, Juni 19, 2014

KP Net. Banyak pertanyaan soal status berhentinya Prabowo Subianto dari karier militernya, apakah Prabowo dipecat, atau diberhentikan dengan hormat? Ini jawaban mantan Panglima ABRI Wiranto.

"Saya tidak ingin terjebak pada perbedaan istilah, saya tidak ingin hanya mempermasalahkan istilah dengan hormat atau tidak dengan hormat, diberhentikan atau dipecat," kata Wiranto di Posko Forum Komunikasi Pembela Kebenaran di Jl HOS Cokroaminoto 55-57, Jakarta Pusat, Kamis (19/6/2014).

Wiranto lalu memberi penjelasan. Seorang prajurit militer diberhentikan dengan hormat karena beberapa sebab, yaitu karena sudah berakhir masa dinasnya, karena cacat, karena sakit kronis, dan permintaan sendiri. Di sisi lain, seorang prajurit diberhentikan dengan tidak hormat jika melanggar Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Undang-undang, dan hukum yang berlaku.

"Maka tatkala Pak Letjen Prabowo, sebagai Panglima Kostrad, nyata-nyata oleh DKP telah dibuktikan beliau terbukti dalam kasus penculikan, maka diberhentikan sesuai norma yang berlaku," papar Wiranto.

"Tidak dengan hormat atau dengan hormat, tidak relevan kita perdebatkan. Terpulang kepada masyarakat untuk membuat istilah bagaimana, jangan terjebak pada istilah, kita masuk pada substansi," imbuhnya.

sumber: detik.com