Home » » TIGA PROGRAM YANG DISEPAKATI OLEH PRABOWO DARI JOKOWI

TIGA PROGRAM YANG DISEPAKATI OLEH PRABOWO DARI JOKOWI

Terbit Oleh KABARPAGI on Senin, 23 Juni 2014 | Senin, Juni 23, 2014

Capres Prabowo Subianto dalam tiga kali penampilannya di acara debat, tiga kali juga menyatakan sepakat dengan ide saingannya Joko Widodo. Apa saja hal yang disepakati Prabowo dari Jokowi itu?

Rangkuman detikcom, Senin (23/6/2014), ada tiga hal sejak debat capres pertama yang disepakati Prabowo dari Jokowi. Tiga hal itu mulai dari industri pertahanan hingga pilkada.

Beberapa kali pula setiap Prabowo menyatakan kesepakatan, ia menunjukkan gerakan tak biasa. Gerakan itu seperti cipika cipiki hingga hormat seorang prajurit.

Apa saja yang disepakati capres nomor urut satu itu dari Jokowi?

1. Industri Pertahanan
Capres nomor urut dua, Joko Widodo ingin mengembangkan industri pertahanan Indonesia. Hal ini disampaikannya pada debat capres Minggu (22/6) kemarin.

"Yang pertama panser anoa harus kita kembangkan, terus industri pertahanan kita. Mungkin nanti ada panser banteng. Sehingga kita betul-betul mempunyai kekuatan pertahanan," kata Jokowi.

Prabowo kemudian menyatakan sependapat dengan Jokowi. Ia pun langsung memasang pose hormat ala militer untuk Jokowi.

"Saya sependapat dengan Bapak, kita harus memperkuat industri dalam negeri, kita harus mendukung pengusaha membuat industri pertahanan dalam negeri," ujar Prabowo.

2. Ekonomi Kreatif
Ketika Jokowi memaparkan visi misinya di bidang ekonomi kreatif, Prabowo langsung menyatakan dirinya sepakat dengan pemaparan tersebut. Walau itu berarti ia menentang masukan tim penasehatnya.

"Tim penasihat saya bilang jangan pernah setuju dengan apa yang disampaikan Pak Jokowi. Tapi untuk soal yang ini (mendukung ekonomi kreatif) saya juga sejalan dengan Pak Joko Widodo. Masak saya harus nggak setuju kalau yang idenya bagus," tutur Prabowo dalam debat capres Minggu (16/6) pekan lalu.

Prabowo tertawa usai mengucapkan hal tersebut. Dengan santai, Prabowo meminta maaf ke tim penasehatnya karena tak mengikuti masukan yang diberikan, yakni jangan bilang setuju dengan gagasan saingan.

"Soal ekonomi kreatif, anak saya itu, dia desainer, dia juga sudah muncul di manca negara. Jadi saya kalau soal itu saya dukung Saudara Joko Widodo ya," kata Prabowo sambil tertawa.

3. Pilkada Serentak
Debat capres antara Prabowo dan Jokowi pertama kali dilakukan pada Senin (9/6) lalu. Para cawapres masing-masing pun menemani, dan kubu Prabowo-Hatta menyatakan setuju dengan gagasan Jokowi-JK soal pilkada serentak.

Awalnya, Prabowo melempar pertanyaan tentang pilkada. Menjawab pertanyaan itu, Jokowi menjelaskan bahwa pilkada langsung tetap harus dilaksanakan. Namun caranya harus diubah yakni dengan melaksanakannya secara serentak agar menghemat biaya.

Mendengar jawaban itu, Hatta menyepakatinya. Menurutnya pilkada memang seharusnya dilakukan secara langsung dan serentak. Mendengar itu, JK langsung menyampaikan terima kasihnya.

"Terima kasih Pak Hatta yang telah setuju dengan kami," kata JK.


www.topberita.tk